Fungsi Ergonomi Dalam Kehidupan Manusia

Posted: February 17, 2010 in Psikologi

Ergonomi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Sasaran penelitian ergonomi ialah manusia pada saat bekerja dalam lingkungan. Secara singkat dapat dikatakan bahwa ergonomi ialah penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia ialah untuk menurunkan stress yang akan dihadapi. Upayanya antara lain berupa menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh agar tidak melelahkan, pengaturan suhu, cahaya dan kelembaban bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

Ruang lingkup ergonomik sangat luas aspeknya, antara lain meliputi :
– Tehnik
– Fisik
– Pengalaman psikis
– Anatomi, utamanya yang berhubungan dengan kekuatan dan gerakan otot dan persendian
– Anthropometri
– Sosiologi
– Fisiologi, terutama berhubungan dengan temperatur tubuh dan aktivitas otot
– Desain, dll

Penerapan Ergonomi di tempat kerja bertujuan agar pekerja saat bekerja selalu dalam keadaan sehat, nyaman, selamat, produktif dan sejahtera. Ergonomi sangat memperhatikan kenyamanan dan kesehatan dari para pekerja dan orang yang berinteraksi dengan alat yang berhubungan dengan apa yang tengah di lakukan atau dikerjakan. Dengan ergonomi juga berbagai alat-alat yang canggih dan sangat membantu dapat ditemukan, hal ini pun akan banyak membawa peningkatan kesejahteraan umat manusia. Ergonomi juga sangat memperhatikan rancangan desain lingkungan, alat-alat kerja, yang tetap berfokus pada kesehatan, keselamatan oarang yang berinterksi secara langsung dengan alat dan lingkungan tersebut. Sehingga kecelakaan dan berbagai resiko berbahaya lainnya dapat di minimalisir.

Dengan ergonomi, sistem-sistem kerja dalam semua lini departemen dirancang sedemikian rupa memperhatikan variasi pekerja dalam hal kemampuan dan keterbatasan (fisik, psikis, dan sosio-teknis) dengan pendekatan human-centered design (HCD). Konsep evaluasi dan perancangan ergonomi adalah dengan memastikan bahwa tuntutan beban kerja haruslah dibawah kemampuan rata-rata pekerja (task demand < work capacity). Dengan inilah diperoleh rancangan sistem kerja yang produktif, aman, sehat, dan juga nyaman bagi pekerja.

Sasaran dari ergonomi adalah menunjang atau menggalakkan efektifitas penggunaan dari objek-objek fisik dan fasilitas-fasilitas yang digunakan oleh orang dan untuk memelihara atau menunjang nilai-nilai manusia tertentu yang baik dalam proses ini (misalnya: kesehatan, keselamatan, kepuasan).

Ergonomi adalah suatu ilmu yang sangat memanusiakan manusia. Ergonomi di dasarkan pada ilmu-ilmu biologi manusia dan ilmu psikologi. Ergonomi sangat memperhatikan segi kesehatan manusia baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikoligis. Tujuan dari ergonomi adalah penerapan sistematis dari informasi yang relevan tentang ciri-ciri dan prilaku manusia pada rancangan/desain dari benda-benda yang digunakan orang pada metode penggunaannya, dan untuk merancang lingkungan tempat orang bekerja dan hidup. Ergonomi sangat mementingkan sisi kenyamanan manusia dalam berinteraksi dengan alat kerjanya. Fokus ergonomi yaitu memaksimalkan kinerja atau unjuk kerja dan sumber daya manusia dengan memperhatikan keterbatasan manusia itu sendiri. Artinya ergonomi sangat mementingkan keefektifan dan efisiensi dari kemampuan-kemampuan yang dimiliki manusia namun tetap memikirkan dan berfokus untuk meminimalisir tingkat sters yang akan di alami oleh manusia, dan resiko fisiologis yang akan di ciptakan dari pekerjaannya, yaitu dengan membuat sejumlah rancangan objek-objek fisik yang dapat menciptakan keefektifan dan efisiensi.

Manfaat Ilmu Ergonomi (Wesley E Woodson):
1. Meningkatkan unjuk kerja, seperti menambah kecepatan kerja, ketepatan, keselamatan kerja, mengurangi energi serta kelelahan yang berlebihan
2. Mengurangi waktu, biaya pelatihan dan pendidikan
3. Mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia melalui peningkatan ketrampilan yang diperlukan
4. Mengurangi waktu yang terbuang sia-sia dan meminimalkan kerusakan peralatan yang disebabkan kesalahan manusia
5. Meningkatkan kenyamanan karyawan dalam bekerja

Perkembangan teknologi saat ini begitu pesatnya, sehingga peralatan sudah menjadi kebutuhan pokok pada berbagai lapangan pekerjaan. Artinya peralatan dan teknologi merupakan penunjang yang penting dalam upaya meningkatkan produktivitas untuk berbagai jenis pekerjaan. Komputer pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Teknologi komputer telah memudahkan pekerjaan manusia, membuat pekerjaan khususnya yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi lebih efisien.
Beberapa manfaat komputer (termasuk internet) antara lain :
– Dapat melakukan pekerjaan administrasi data dengan jauh lebih mudah dan efisien
– Jika dulu ngetik menggunakan mesin ketik tidak dapat diedit, saat ini dengan komputer dapat diedit sesuka hati
– Dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah
– Dan lain sebagainya
Tentu saja dengan adanya teknologi komputer, maka akan meningkatkan efisiensi dalam bekerja. Selain itu juga memberikan kenyamanan bagi pekerja, karena mempermudah dalam bekerja. Dengan meningkatnya efisiensi serta kenyamanan para pekerja, maka produktivitas dalam bekerja pun dapat ditingkatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s