GEORGE KELLY

Posted: September 28, 2009 in Psikologi, Uncategorized

 Lahir di Peth, Kansas pada 28 April 1905
 George Kelly adalah seorang ahli fisika, matematika, sosiologi, pendidikan, dan psikologi klinis.

Gambaran Teori:
• Teori kepribadian Kelly memiliki dasar terkait dengan pikiran individu (kognitif)
• Menekankan pada cara seseorang dalam mangkonstruksi, mengontrol, dan meramalkan peristiwa disekitar dunianya
• Proses kognitif sebagai pusat kepribadian individu, sedangakan emosi dan perilaku dipengaruhi oleh kognisi

Pandangan Kelly tentang Manusia dan Pengetahuan
A. Manusia adalah sebagai scientist (ilmuwan) yang mencoba untuk memprediksi atau mengontrol fenomena atau tingkah laku.
Konsekuensi logis dari pandangan tersebut adalah:
a. Manusia itu pada dasarnya berpandangan kemasa depan, yaitu mencapai masa depan yang lebih baik dari masa sekarang
b. Manusia memiliki kemampuan untuk mempresentasikan atau mengkonsep lingkungan daripada meresponnya
c. Manusia dapat mengembangkan rumusan-rumusan alternatif teoritis tentang fenomena, menafsirkan dan mengkonstruksi- kan lingkungannya
d. Kehidupan merupakan representasi atau konstrusi dari kenyataan; dan kualitas hidup manusia ditunjukkan manusia untuk menciptakan dan menciptakan kembali dirinya sendiri
B. Manusia itu bebas (free) tetapi sebenarnya juga terkukung (determined)
Sistem konstruk individu dilengkapi dengan mengambil kebebasan untuk mengmbil keputusan (freedom of decision) dan keterbatasan bertindak (imitation of action), sebab dia tidak dapat membuat pilihan diluar alternatif-alternatif yang telah ditentukan.
Struktur Kepribadian menurut Kelly

 Konstruk adalah cara yang digunakan individu untuk menginterpretasikan atau menerangkan fenomena
 Konstruk terbentuk dari perilaku individu dalam mengartikan persamaan dan kontras (perbedaan)
 Tanpa konstruk hidup akan kacau balau, kita tidak akan mampu mengatur dunia kita, mendeskrisikan dan mengklasifikasikan peristiwa, objek, dan orang-orang disekitar kita
 Sekurang-kurangnya ada tiga elemen untuk membentuk suatu konstruk:
 Dua elemen merupakan konsep kesamaan (the similiarity pole of construct)
 Elemen terakhir merupakan konsep yang berbeda (the contrast pole of construct) dengan konsep kedua elemen pertama
 Konstruk tersusun atas perbandingan kesamaan (similiarity) dan kontras (contrast)

Dua tipe konstruk:
 Verbal Construct
Dapat diekspresikan melalui kata-kata
 Preverbal Construct
Digunakan bahkan ketika individu tidak memiliki kata-kata untuk mengungkapkannya, dan dipelajari individu sebelum individu mengembangkan fungsi bahasa

Hierarki Sistem Konstruk
1. Superordinate construct
Yaitu konstruk yang berada diurutan paling atas. Didalam konstruk ini terdapat konstruk- konstruk yang spesifik dan lebih sempit artinya.
2. Subordinate construct
Yaitu konstruk-konstruk yang lebih spesifik dan memiliki artian lebih sempit lagi.

Contoh dari sistem konstruk ini misalnya:
• Superordinate construct : bunga
• Subordinate construct : mawar, melati, anggrek

Struktur, Dinamika, dan Perkembangan Kepribadian

 Kelly tidak pernah begitu eksplisit mengenai asal-usul konstruk
 Konstruk berasal dari pengamatan individu terhadap pola berulang suatu peristiwa
 Ulasan Kelly tentang pertumbuhan dan perkembangan hanya sebatas pada perhatian terhadap perkembangan preverbal construct pada masa kecil dan peninterpretasian budaya
 Individu berada dalam kelompok budaya yang sama, dimana mereka menggunakan cara yang sama dalam mengartikan suatu fenomena dan memiliki espektasi yang sama terhadap suatu perilaku

Psikopatologi
Psikolpatologi menurut Kelly :
 Kekacauan respon pada kecemasan
 Kekecauan pada fungsi sistem konstruk

Perilaku abnormal melibatkan upaya untuk menahan suatu struktur sistem konstruk, meskipun ia telah mengulangi prediksi yang tidak tepat.
Kekacauan psikologis merupakan kekacauan yang melibatkan kecemasan dan upaya yang salah dalam membangkitkan lagi perasaan mampu dalam mengantisipasi peristiwa.

Kecemasan terjadi ketika individu menyadari bahwa sistem konstruk mereka tidak sesuai dengan fenomena yang mereka alami.
Contoh:
Seorang anggota direksi keuangan yang memiliki “konstruk” anti korupsi, tetapi dikemudian hari ia mendapati dirinya korupsi.

 Individu akan mengalami ketakutan (fear) ketika ia mendapatkan konstruk baru pada sistem konstruknya.
 Individu akan mengalami ancaman (threat) apabila ia merasakan perubahan komperhensif yang signifikan pada sistem konstruknya.

Psikoterapi Kelly
 Didasarkan pada premis constructive alternativism (kepercayaan terhadap suatu variasi dari kemungkinan pilihan-pilihan yang tersedia, dengan cara membangun dunia sendiri).

 Psikoterapi merupakan semacam rekonstruksi, mengganti gagasan-gagasan yang kurang efektif dengan gagasan yang cocok, mengganti gagasan- gagasan ancaman dengan gagasan yang seimbang.
Misalnya :
• Ancaman (threat) berasal dari gangguan inti gagasan seseorang;
• Rasa bersalah (guilt) akibat pemisahan dari tugas seseorang;
• Agresi dari suatu gagasan yang dapat menyatakan ancaman terhadap orang lain.

About these ads
Comments
  1. balya says:

    oke,,makciiih banget,cukup bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s